Cara Merawat Flashdisk dengan Baik dan Benar - Mr-Kocak'0
Home » , » Cara Merawat Flashdisk dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Flashdisk dengan Baik dan Benar

USB flashdisk adalah alat atau media untuk menyimpan data memori kilat dari suatu komputer. Flashdisk dalam perkembangan jaman menjadi barang yang menjadi popular karena bentuk dan kapasitasnya yang berubah sesuai perkembangan jaman.


Beberapa waktu yang lalu orang menggunakan CD atau mungkin disket. Namun, dua barang tersebut dinilai kurang praktis dan tidak bisa memnuhi perkembangan jaman. Bagaimana tidak, cd atau disket hanya bisa digunakan pada tempatnya yaitu CPU. Ditambah lagi kapasitasnya yang dinilai kurang oleh masyarakat. Kapasitas pada disket misalnya, hanya mampu menampung data dengan kapasitas beberapa megabyte.

Untuk itu, masyarakat sekarang memilih menggunakan flashdisk yang dirasa lebih praktis bentuknya dan hampir bisa dipakai di berbagai tempat seperti leptop, CPU, atau mungkin hand phone dengan fitur lengkap. Hal ini dikarenakan flashdisk mempunyai alat penghubung USB. Ditambah dengan kuota atau kapasitas dari flashdisk yang berada di pasaran yang dapat menampung beragam file sampai beberapa gigabyte, mulai dari 1 giga, 2, 4, 8, 16, hingga 512 gigabyte.

Namun, dengan berbagai kelebihan tersebut, tetap saja masih ada beberapa kelemahan dari flashdisk. Flashdisk dirasa sebagai sarana paling brpengaruh dalam penyebaran virus. Maka dari itu, perlu anda ketahui bagaimana perawatan dari flashdisk yang baik dan benar.

1) Lakukan peng-eject-an dan stop

Hal terpenting dalam pemakaian flashdisk adalah dengan menerapkan proses peng- eject an dari pc atau laptop anda. Jangan asal mencabut flashdisk yang tertancap. Hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan pada flashdisk itu sendiri. Selain itu, pencabutan flashdisk secara sembarangan juga memugkinkan akan resiko data yang hilang yang berada dalam flashdisk.

2) Lakukan virus scanning

Tak dapat dipungkiri, flashdisk merupakan media yang sangat rewan terhadap penyebaran berbagai macam virus. Untuk itu, penting bagi anda untuk melakukan scanning virus pada flashdisk anda. Hal ini dilakukan utnuk menghindari resiko penyevaran virus yang mungkin berasal dari flashdisk anda ke PC atau sebaliknya. Perlu diperhatikan juga untuk selalu meng- update anti virus anda.

3) Hindarkan dari air dan sinar matahari langsung atau tidak langsung

Semua orang tahu jika semua barang yang bersifat elektronik sangat rentan terhadap air dan sinar matahari langsung. Untuk itu, jauhkankan flashdisk anda dari tempat yang lembab seperti di bawah AC dan juga yang memungkinkan adanya air serta hindarkan dari sinar matahari baik secara langsung maupun tidak langsung.

4) Selalu tutup flashdisk

Jangan lupa untuk tetap menutup flashdisk jika dalam posisi tidak sedang dipakai. Hal ini untuk menghindari resiko dari kotoran dan debu yang masuk ke dalam hardware flashdisk yang nantinya dapat menimbulkan efek yang kurang baik pada flashdisk anda.

5) Hindari pengeditan secara langsung

Jika anda ingin mengedit file yang berada di dalam flashdisk sangat tidak disarankan bagi anda untuk melakukan pengeditan tersebut langsung dari flasdisk. Akan lebih baik jika anda menyalin file tersebut terlebih dahulu ke dalam PC.

6) Beri gantungan

Agar anda tidak lupa menaruh di mana flashdisk anda berada, disarankan untuk memberinya gantungan agar mudah terlihat. Hal ini uga menghindari dalam peletakkan flashdisk secara sembarangan.

Itulah beberapa tips agar flasdisk anda awet. Perlu diketahui bahwa setiap flashdisk mempunyai umur yang berbeda-beda dan suatu saat flashdisk anda pasti akan tidak bisa digunakan lagi. Semuanya kembali pada bagaimana sang pemilik merawat dan memperlakukan flashdisk itu sendiri. Demikian, semoga bermanfaat.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mr-Kocak'0 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template