Tips Memperkuat Keamanan Komputer Windows - Mr-Kocak'0
Home » , » Tips Memperkuat Keamanan Komputer Windows

Tips Memperkuat Keamanan Komputer Windows

Seperti yang kita tahu, banyak sekali perbedaan yang terdapat pada sistem komputer. Banyak sekali anti virus yang saat ini beredar yang sangat memudahkan Anda untuk mencegah virus-virus yang dapat mengganggu komputer Anda. Namun, walaupun sudah diinstall anti virus, Anda juga harus selalu memeriksa keamanan komputer, hal ini disebabkan dengan banyaknya program-program jahat yang mengintai dan setiap saat bisa mengganggu sistem keamanan komputer Anda.

Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka sistem keamanan komputer Anda akan mudah terinfeksi. Anda harus selalu waspada dan selalu memperhatikan sistem keamanan komputer secara keseluruhan. Hindarilah hal-hal yang dapat mengancamnya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan komputer Windows:

1. Cek ulang apakah pada komputer Anda sudah terinstall Windows yang selalu ter-update secara otomatis. Apabila belum, segera setting supaya Windows Anda dapat update otomatis sehingga komputer yang digunakan akan lebih aman daripada tidak mengaktifkan auto-updatenya. Selain itu, dengan menggunakan auto-update maka kompabilitas dengan aplikasi-aplikasi yang berada pada komputer akan lebih terjaga.

2. Jangan menunggu dan segera update Windows Anda sebelum muncul pemberitahuan bahwa Sistem Operasi harus diupdate.

3. Apabila Sistem Operasi Anda menggunakan Windows XP, maka sebaiknya Anda menggunakan XP Security Monitor yang merupakan tambahan dari Windows XP Service Pack 2. Aplikasi ini akan memberikan peringatan apabila firewall atau anti virus Anda tidak terpasang atau out of date (update terakhirnya sudah kadaluarsa). Dengan menggunakan XP Security Monitor ini Anda akan selalu mengetahui apabila versi firewall Anda sudah tidak update lagi.

4. Sekarang ini banyak sekali virus yang menggunakan eksistensi jpeg.exe yang bisa mengelabui anti virus pada komputer Anda. Maka dari itu usahakan file extensionnya selalu terlihat. Beberapa kejadian yang sering terjadi adalah banyaknya virus yang lolos dari pendeteksian oleh anti virus karena tersembunyi di dalam folder. Dalam Folder Option Windows Explorer Anda selalu pastikan “hide file extensions for known file types” tidak dicentang.”

5. Pastikan Browser seperti Internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari Anda aman. Selalu update Browser Anda untuk meningkatkan keamanan komputer. Karena banyak sekali website atau situs yang bisa menginfeksi komputer dengan virus-virus ganas yang akan mengganggu kinerja komputer. Selain itu, jangan membuka halaman-halaman website atau situs yang menggunakan java script atau iklan pop up, karena kapan pun virus bisa masuk ke dalam sistem komputer Anda.

6. Apabila Anda sering menggunakan email untuk mengirimkan pesan kepada teman atau saudara, maka segera tingkatkan keamanannya. Sebab tanpa kita ketahui banyak sekali pengirim yang tidak dikenal mengirimkan file-file attachment yang tanpa Anda sadari ada virus didalamnya. Untuk mewaspadainya, jangan sembarangan Anda mengklik suatu link yang bisa mengarahkan ke situs yang berisi virus.

7. Anda sering menggunakan Yahoo Messenger untuk berkomunikasi dengan orang lain, sekali lagi jangan membuka link-link situs yang tidak pernah Anda kenal, karena bisa saja orang mengirimkan link yang berisi virus-virus berbahaya bagi komputer Anda.

8. Backup data-data yang dianggap penting secara berkala, sebab apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan maka data-data penting tersebut masih ada karena kita sudah mem-backup-nya.



Sumber

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mr-Kocak'0 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template