Panorama Objek Wisata Air Terjun Sedudo - Mr-Kocak'0
Home » , » Panorama Objek Wisata Air Terjun Sedudo

Panorama Objek Wisata Air Terjun Sedudo

Selamat Pagi sobat Mr-Kocak, di postingan kali ini saya mau posting tentang indahnya panorama objek wisata Air Terjun Sedudo.



Air terjun sedudo adalah sebuah air terjun yang terletak di desa ngliman, kecamatan sawahan, kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km dari arah selatan kota Nganjuk, dan berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter. di dalam objek wisata Air terjun ini sudah mempunyai fasilitas pendukung yang cukup baik dan jalurnya juga mudah di akses oleh semua kendaraan.




Keunikan dari air terjun ini adalah jika pada bulan sura (kalender jawa) akan ramai dikunjungi oleh wisatawan, karena konon ada mitos bahwa pada zaman majapahit pada bulan sura dipercaya akan membawa awet muda jika orang tersebut mandi di air terjun tersebut.


Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.




Gimana sobat Indah bukan, nantikan postingan dari Mr-Kocak selanjutnya tentang objek-objek wisata di daerah jawa timur khususnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mr-Kocak'0 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template